Meeting, Incentive trip, Conference, Exhibition

Segmentasi Industri MICE

Setelah mengetahui pengertian dan karateristik dari MICE itu sendiri lalu muncul pertanyaan berikutnya, yaitu: Apa yang menjadi segmentasi dari Industri MICE?

Disini saya lagi-lagi menyadur isi buku dari M. Kesrul (buku yang jadi acuan saya belajar tentang dunia MICE saat masih kuliah) tentang segmentasi dari industri MICE.

Industri MICE berasal dari inti produk meeting, perjalanan insentif  dan pameran. Berikut Ini uraian penjelasan dari segmentasi MICE;

1. A group of people
Sekelompok orang yang bisa saja merupakan karyawan dari sebuah Perusahaan, anggota dari asosiasi, organisasi, lembaga, atau peserta dari suatu bisnis yang sama.

2. Similar interest
Terdapat suatu nilai yang mendorong mereka untuk bertemu. Seperti topik yang ingin dibicarakan menyangkut kepentingan bersama, atau paling tidak hampir sama. Dalam Hal Ini, biasa terjadi bahwa mereka yang menjadi peserta pertemuan berasal dari kelompok yang berbeda, namun kepentingan mereka Sama atau hamput sama.

3. Accomplish Some Predetermined Goal
Semua pihak yang merupakan individu-individu yang berbeda terdorong untuk menghadiri pertemuan tersebut, karena ingin belajar, saling berbagi informasi atau Pengalaman untuk menyatukan sikap dalam mencapai suatu tujuan.

(M. Kesrul, Meeting, Incentive Trip, Conference, Exhibition, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: